YESUS TIDAK DI SALIB ?

Apakah seseorang menggantikan Yesus di kayu salib ?
Ada Teori yang menyatakan bahwa yang dipaku diatas kayu salib bukanlah Yesus Kristus melainkan orang lain yang menggantikan Dia.

Ada beberapa versi mengenai hal ini. Dan yg paling sering diceritakan adalah Yudas Iskariot-lah yang menggantikan Yesus untuk dipaku diatas kayu salib.

Dan ada yang menceritakan bahwa Yudas Iskariot telah diserupakan dengan Yesus sehingga prajurit2 Romawi yg ingin menangkap Yesus tidak dapat lagi membedakan / mengenali antara Yesus dan Yudas Iskariot.

Dan ada pula versi yang menceritakan bahwa Simon dari Kirene-lah yang menggantikan Yesus untuk dipaku diatas kayu salib.
Namun benarkah teori2/cerita2 diatas??

Mari kita sama-sama melihat ayat-ayat nubuatan mengenai “Mesias”, sbb:

Maz 22:2
Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku.

Maz 22:8-9
8 Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, mereka mencibirkan bibirnya, menggelengkan kepalanya:
9 “Ia menyerah kepada TUHAN; biarlah Dia yang meluputkannya, biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya?”

Maz 22:16-17
16 kekuatanku kering seperti beling, lidahku melekat pada langit-langit mulutku; dan dalam debu maut Kauletakkan aku.
17 Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.

Maz 22:19
Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.

Maz 22:28
Segala ujung bumi akan mengingatnya dan berbalik kepada TUHAN; dan segala kaum dari bangsa-bangsa akan sujud menyembah di hadapan-Nya.

Mzm 69:22 Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.

Maz 34:21
Ia melindungi segala tulangnya, tidak satupun yang patah.

Maz 109:25
Aku telah menjadi cela bagi mereka; melihat aku, mereka menggelengkan kepalanya.

Maz 31:6
Ke dalam tangan-Mulah kuserahkan nyawaku; Engkau membebaskan aku, ya TUHAN,Allah yang setia.

Yes 53:2-12
2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak

Zak 12:10
“Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak
tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung.

Jadi jika anda mempercayai bahwa seseorang menggantikan Yesus untuk dipaku diatas kayu salib , maka konsekuensinya adalah sbb:

1.anda mengimani bahwa “orang” yang menggantikan Yesus , adalah “ Sang Mesias”. Sebagai contoh : jika anda mempercayai bahwa Yudas Iskariotlah yang menggantikan Yesus sewaktu dipaku diatas kayu salib, hal ini sama juga anda mengimani bahwa Yudas Iskariot adalah “Sang Mesias”. Namun benarkah demikian?? Mungkinkah seorang pengkhianat seperti Yudas Iskariot adalah “Sang Mesias”?? jawabannya jelas tidak mungkin.

2.dan jika anda mempercayai bahwa seseorang menggantikan Yesus untuk dipaku diatas kayu salib, maka orang tsb jelas bukanlah “Sang Mesias”, karena orang tsb pasti tidak dapat menggenapi seluruh nubuatan2 mengenai “Mesias”(baca artikel diatas mengenai nubuatan2 mesias), sbg contoh saja: “Mesias” harus lahir di Betlehem, keturunan Daud, dll. Jelas Yudas Iskariot maupun Simon dari Kirene tidak dapat menggenapi nubuatan “Mesias” tsb. Oleh Karena itu tidak mungkin mereka adalah “Sang Mesias”.

3.jadi Yudas Iskariot (atau siapapun yg dianggap telah menggantikan Yesus) diatas kayu salib bukanlah “Sang Mesias”. Jika orang tsb bukanlah “Sang Mesias” maka pertanyaan selanjutnya adalah untuk apa Nabi2 di PL menubuatkan tentang mereka jika “mereka” bukanlah mesias yang sesungguhnya. Sbg contoh : Maz 22:2, Maz 34:21, Mzm 69:22,Yes 53, Maz 31:6,dll. Ayat2 tsb adalah nubuatan2 dari nabi2 di PL tentang mesias. Dan jika anda mempercayai bahwa bukan Yesus yang menggenapi nubuatan2 tsb melainkan org lain yg “bukan mesias” yg menggenapi nubuatan tsb.

Dengan demikian anda mempercayai bahwa nabi2 di PL adalah nabi2 palsu karena salah bernubuat tentang “Mesias”. Karena nubuatannya tentang mesias tidak tergenapi oleh “Sang Mesias” melainkan digenapi oleh orang lain yg bukanlah “mesias”.

Dan seperti pertanyaan saya diatas, jika mereka bukanlah mesias yang sesungguhnya, maka untuk apa nabi2 di PL menubuatkan tentang “orang” tsb sampai ke detail2 tentang penyalibannya??
“Orang” spt ini hanya mungkin dinubuatkan oleh nabi2 jika orang tsb dikaitkan dengan “Mesias”, namun focus dari nubuatan tsb sebenarnya adalah tetap tentang mesias. Jika “orang” tsb tidak dikaitkan / dihubungkan dengan “mesias” maka apakah artinya menubuatkan orang tsb sampai ke detailnya2nya spt perkataan2nya diatas kayu salib??

Sebagai contoh: jika Yudas Iskariot yang dipakukan diatas kayu salib, maka pertanyaan saya adalah untuk apakah nabi2 di PL menubuatkan perkataan2 Yudas Iskariot diatas kayu salib?? Jika Yudas Iskariot bukanlah “Sang Mesias” melainkan sang pengkhianat , apakah artinya nubuatan2 tsb?? Atau dengan kata lain nubuatan2 tsb menjadi tidak ada artinya.

Namun menjadi beda halnya , jika Sang Mesias yang sesungguhnya yg menggenapi nubuatan2 tsb yaitu Yesus Kristus. Dan sesungguhnya memang Yesus Kristuslah yang menggenapi seluruh nubuatan2 tsb dan bukan orang lain. Maka setiap nubuatan2 dari nabi2 di PL tsb memiliki arti yang penting sekali dan sangat bermakna.

Kemudian jika anda mempercayai bahwa seseorang(sbg contoh : Yudas Iskariot) telah menggantikan Yesus untuk dipakukan diatas kayu salib. Maka pertanyaan saya selanjutnya adalah mungkinkah seorang pengkhianat spt Yudas Iskariot dapat mengatakan “ 7 perkataan salib” ??

Sbg contoh:
Mungkinkah seorang pengkhianat spt Yudas Iskariot mengatakan sbb:

“Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”

Saya yakin jika si pengkhianat Yudas Iskariot atau orang lain yang disalibkan maka bukan perkataan diatas yg diucapkan melainkan caci maki yang keluar dari mulutnya. Oleh karena itu hanya Yesus yaitu Sang Mesias yang sesungguhnya yg dapat mengatakan hal tsb dan menggenapi nubuatan2 dari nabi2 di PL tsb.

Contoh lainnya:
Jika Yudas Iskariot yg disalibkan, maka apakah artinya jika Ia mengucapkan sbb:

“Sudah selesai.”

Apakah yang sudah diselasaikan oleh Yudas Iskariot??

Namun beda halnya dengan Yesus Kristus yaitu Sang Mesias yang sesungguhnya. Ia memahami bahwa “Ia datang memang untuk hal ini” yaitu menjadi “domba paskah” untuk menebus dosa umat pilihan-Nya.

maka seperti yang Yesus ajarkan sbb:

Mat 7:16-18
16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik

Yudas Iskhariot tidak pernah bertobat sejak semula, maka ia adalah pohon yg tidak baik sehingga tidak bisa menghasilkan buah yang baik. Yudas Iskariot adalah seorang pengkhianat, dan tidak mungkin mengucapkan “7 perkataan salib”
Kemudian jika Allah menyerupakan Yudas Iskariot (atau siapapun) untuk menggantikan Yesus diatas kayu salib maka hal ini berarti Allah sudah melakukan suatu penipuan.

Apakah anda mengimani dan mempercayai bahwa Allah Yang Maha Suci dan Maha Kudus akan melakukan tipu daya (dgn cara menyerupakan seseorang menjadi seperti Yesus) ?

Allah adalah Maha Kudus dan Suci dan Allah tidak mempunyai sifat menipu.
bagi saya tidak perduli siapa yang diserupakan, apakah orang yang berkhianat atau bukan, karena bukan itu intinya tetapi intinya adalah Allah telah menjadi penipu.

Dan dibawah ini adalah bukti-bukti bahwa Yesuslah yang disalibkan dan bukan orang lain.

Luk 24:39
Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku.”

perhatikan ayat diatas, kenapa Yesus menyuruh murid-murid-Nya untuk melihat tangan dan kaki-Nya bukan bahunya atau yg lainnya? Hal ini bukan hanya Karena Yesus ingin menyatakan bahwa hantu itu tidak berdaging dan bertulang namun lebih daripada itu yaitu pernyataan ini adalah pembuktian bahwa yang dilihat mereka adalah Yesus yang pernah dipaku diatas kayu salib (tangan dan kaki Yesus terdapat bekas dipaku karena pernah disalib).

Disini terdapat 2 pembuktian, yaitu:

1. Dengan perkataan Yesus ini menunjukkan bahwa bekas paku pada tangan dan kaki-Nya adalah tanda bahwa Ia yang disalib, bukan orang lain.(seseorang yg diserupakan dgn Yesus)

2. Karena para murid tahu bahwa memang Yesus pernah disalib, maka dgn pernyataan Yesus ini, mereka bisa membuktikan bahwa yang datang(muncul di depan mereka) Adalah Yesus dan bukan orang lain

kemudian murid Yesus yang bernama Thomas pun membuktikannya secara langsung.

Yohanes 20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”
Yohanes 20:28 Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”

Ayat diatas juga adalah pembuktian bahwa yang disalib adalah Yesus Kristus dan bukan orang lain. Yesus menyuruh tomas untuk membuktikan bahwa Ia adalah Yesus yang telah disalibkan, dengan cara melihat tangan-Nya(bekas dipaku) serta mencucukkan ke dalam lambung-Nya(bekas ditikam tombak).

Jadi dari perkataan2 yg diucapkan oleh Yesus sendiri ini sudah cukup membuktikan bahwa Yesus-lah yang disalibkan dan bukan orang lain yang diserupakan.

Dan jika anda mempercayai bahwa seseorang telah diserupakan untuk menggantikan Yesus diatas kayu salib.
apakah menurut anda Allah sudah tidak berdaya lagi sehingga Ia harus menipu untuk menolong Yesus??
mari kita baca perkataan Yesus dibawah ini:

Matius 26:53 Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku?

jika Yesus hendak menghindar dari penyaliban-Nya, maka Ia dapat berseru kepada BAPA untuk mengutus 12 pasukan malaikat, maka selesai-kan. namun bukan itu yang Yesus lakukan karena Ia tahu tujuan Ia datang ke dunia untuk menggenapi segala sesuatu yang telah dinubuatkan tentang Dia. Dan Yesus pun mengatakan sbb:

Yoh 12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini

Ayat2 diatas dengan jelas dinyatakan oleh Yesus sendiri bahwa Ia tidak menghindari penyaliban, sebaliknya Ia mengetahui misi-Nya datang ke dalam dunia adalah untuk menebus dosa umat pilihan-Nya dengan cara disalibkan.

Ke empat Injil secara tegas dan jelas mencatat kematian dan kebangkitan yesus

Ke 4 Injil menyatakan jelas bahwa Yesus Kristus disalibkan dan mati dikayu salib :

* Matius 27:50
Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.

* Markus 15:37
Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya.

* Lukas 23:46
Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: “Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.

* Yohanes 19:30
Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai.” Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Ke 4 Injil juga menyatakan jelas bahwa Yesus Kristusbangkit setelah kematian di kayu salib :

* Matius 28:5-10
28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.”
28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus. 28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: “Salam bagimu.” Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.”

* Markus 16:2-14
16:2 Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.
16:3 Mereka berkata seorang kepada yang lain: “Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?”
16:4 Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling.
16:5 Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Mereka pun sangat terkejut,
16:6 tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. 16:7 Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu.”
16:8 Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapa pun juga karena takut. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu.
16:9 Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.
16:10 Lalu perempuan itu pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis.
16:11 Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.
16:12 Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota.
16:13 Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada mereka pun teman-teman itu tidak percaya.
16:14 Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.

* Lukas 14:1- 48
24:1 tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.
24:2 Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu,
24:3 dan setelah masuk mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus.
24:4 Sementara mereka berdiri termangu-mangu karena hal itu, tiba-tiba ada dua orang berdiri dekat mereka memakai pakaian yang berkilau-kilauan.
24:5 Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?
24:6 Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea,
24:7 yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.”
24:8 Maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu.
24:9 Dan setelah mereka kembali dari kubur, mereka menceriterakan semuanya itu kepada kesebelas murid dan kepada semua saudara yang lain.
24:10 Perempuan-perempuan itu ialah Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Dan perempuan-perempuan lain juga yang bersama-sama dengan mereka memberitahukannya kepada rasul-rasul.
24:11 Tetapi bagi mereka perkataan-perkataan itu seakan-akan omong kosong dan mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu.
24:12 Sungguhpun demikian Petrus bangun, lalu cepat-cepat pergi ke kubur itu. Ketika ia menjenguk ke dalam, ia melihat hanya kain kapan saja. Lalu ia pergi, dan ia bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi.
24:13 Pada hari itu juga dua orang dari murid-murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh mil jauhnya dari Yerusalem,
24:14 dan mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu yang telah terjadi.
24:15 Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka.
24:16 Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.
24:17 Yesus berkata kepada mereka: “Apakah yang kamu percakapkan sementara kamu berjalan?” Maka berhentilah mereka dengan muka muram.
24:18 Seorang dari mereka, namanya Kleopas, menjawab-Nya: “Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?”
24:19 Kata-Nya kepada mereka: “Apakah itu?” Jawab mereka: “Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.
24:20 Tetapi imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin kami telah menyerahkan Dia untuk dihukum mati dan mereka telah menyalibkan-Nya.
24:21 Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi.
24:22 Tetapi beberapa perempuan dari kalangan kami telah mengejutkan kami: Pagi-pagi buta mereka telah pergi ke kubur,
24:23 dan tidak menemukan mayat-Nya. Lalu mereka datang dengan berita, bahwa telah kelihatan kepada mereka malaikat-malaikat, yang mengatakan, bahwa Ia hidup.
24:24 Dan beberapa teman kami telah pergi ke kubur itu dan mendapati, bahwa memang benar yang dikatakan perempuan-perempuan itu, tetapi Dia tidak mereka lihat.”
24:25 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!
24:26 Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?”
24:27 Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.
24:28 Mereka mendekati kampung yang mereka tuju, lalu Ia berbuat seolah-olah hendak meneruskan perjalanan-Nya.
24:29 Tetapi mereka sangat mendesak-Nya, katanya: “Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam.” Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka.
24:30 Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.
24:31 Ketika itu terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.
24:32 Kata mereka seorang kepada yang lain: “Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?”
24:33 Lalu bangunlah mereka dan terus kembali ke Yerusalem. Di situ mereka mendapati kesebelas murid itu. Mereka sedang berkumpul bersama-sama dengan teman-teman mereka.
24:34 Kata mereka itu: “Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon.”
24:35 Lalu kedua orang itu pun menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti.
24:36 Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: “Damai sejahtera bagi kamu!”
24:37 Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu.
24:38 Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu?
24:39 Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku.”
24:40 Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka.
24:41 Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: “Adakah padamu makanan di sini?”
24:42 Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng.
24:43 Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.
24:44 Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”
24:45 Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
24:46 Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,
24:47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
24:48 Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

* Yohanes 20:1-29
20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.
20:2 Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan.”
20:3 Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.
20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur.
20:5 Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.
20:6 Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah,
20:7 sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung.
20:8 Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya.
20:9 Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.
20:10 Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah.
20:11 Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu,
20:12 dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring.
20:13 Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: “Ibu, mengapa engkau menangis?” Jawab Maria kepada mereka: “Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan.”
20:14 Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus.
20:15 Kata Yesus kepadanya: “Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?” Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: “Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya.”
20:16 Kata Yesus kepadanya: “Maria!” Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: “Rabuni!”, artinya Guru.
20:17 Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.”
20:18 Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: “Aku telah melihat Tuhan!” dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.
20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”
20:20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.
20:21 Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”
20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus.
20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”
20:24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.
20:25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”
20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”
20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”
20:28 Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”
20:29 Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.

Jadi ke-4 Injil secara konsisten mencatat kematian dan kebangkitan Yesus Kristus.

SUMBER : SARAPANPAGI BILBIKA

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s